Rabu, 03 Desember 2008

Pengertian Matematika Sekolah

Istilah Matematika berasal dari bahasa Yunani, mathein atau manthenien yang artinya mempelajari. Kata matematika diduga erat hubungannya dengan kata Sangsekerta, medha atau widya yang artinya kepandaian, ketahuan atau intelegensia Nasution, 1980 dalam Sri Subariah, 2006:1). Berikut ini beberapa definisi tentang matematika menurut Sri Subariah dalam bukunya yang berjudul “Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
Matematika itu terorganisasikan dari unsure-unsur yang tidak didefinisikan, definesi-definisi, aksioma-aksioma dan dalil-dalil yang dibuktikan kebenarannya, sehingga matematika disebut ilmu deduktif (Rusefendi, 1989:23)
Matematika merupakan pola pikir, pola mengorganisasikan pembuktian logik, pengetahuan struktur yang terorganisasi memuat: sifat-sifat, teori-teori dibuat secara deduktif berdasarkan unsur yang tidak didefinisikan, aksioma, sifat atau teori yang telah dibuktikan kebenarannya. (Johnson dan Rising, 1972 dalam Rusefendi, 1988:2)
Matematika merupakan telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola berpikir, suatu seni, suatu bahasa dan suatu alat (Reys, 1984, dalam Rusenfendi, 1988:2)
Matematika bukan pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi keberadaanya karena untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan social, ekonomi dan alam (Kline, 1973, dalam Rusenfendi, 1988:2)
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak dan pola hubungan yang ada di dalamnya. Ini berarti bahwa belajar matematika pada hakekatnya adalah belajar konsep, struktur konsep dan mencari hubungan antar konsep dan strukturnya. Ciri khas matematika yang deduktif aksiomatis ini harus diketahui oleh guru sehingga mereka dapat mempelajari matematika dengan tepat, mulai dari konsep-konsep sederhana sampai yang komplek

18 komentar:

  1. Saya setuju pendapat bahwa matematika bukan pengetahuan tersendiri.matematika butuh ilmu lain sebagai penunjang untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan kita.seperti contohnya ilmu ekonomi dalam soal penghitungan harga pokok awal, tentu saja menggunakan ilmu yang tidak lain adalah matemadika. Ilmu matematika sangat luas apabila dijabarkan.Maka dari itu ada ilmu-ilmu lain yang secara realitas membahas matematika dalam kehidupan nyata.
    Tekhnik kimia dalam jurusan tersebut terdapat ilmu matematika yang digunakan. Ekonomi pelajaran yang juga menggunakan matematika sebagai dasar penghitungan. Maka sangat lah disayangkan apabila kita tidak menyukai pelajaran matematika karena disetiap persoalan pendidikan khususnya kita selalu menggunakan dasar matematika.

    BalasHapus
  2. Menurut saya,matematika bukan merupakan pengetahuan tersendiri tetapi kebradaannya karena untuk membantu dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial,ekonomi dan alam (kline,1973).Saya setuju dengan pernyataan diatas karena pada dasarnya matematika selalu berhubungan dengan angka dan juga didalam kehidupan kita sehari-hari,misalnya perdagagan dal lain-lain.

    BalasHapus
  3. Saya sependapat dengan kline yang menyatakan bahwa matematika bukan pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi keberadaannya karena untuk membantu manusia dan menguasai permasalahan sosial ekonomi dan alam. Dan ilmu metematika itu sendiri menurut pendapat saya adalah ilmu yang mempelajari tentang angka. Dimana angka tersebut sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dalam hidup manusia tidak dapat dilepaskan dari perhitungan, misalnya hubungan dagang dan yang lain.

    BalasHapus
  4. Menurut saya,saya setuju dengan pernyataan Kline,1973,dalam Rusenfendi,1988:2.Dia menyatakan bahwa matematika bukan pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri tetapi keberadaannya karena untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial,ekonomi dan alam karena dalam kehidupan manusia sehari-hari tidak lepas dari matematika,misalnya dalam hubungan jual beli,dalam permasalahan sosial perhitungan jumlah penduduk dll.

    BalasHapus
  5. Dengan adanya pengertian matematika sekolah, pembelajaran matematika disekolah sangat penting untuk diberikan karena metematika sangat berpengaruh terhadap ilmu-ilmu yang lain.
    Ini dibuktikan bahwa matematika bukan pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi keberadaannya kerena untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi dan alam sehingga saya sependapat dengan berbagai definisi tentang matematika tersebut.

    BalasHapus
  6. Saya sependapat dengan kline yang menyatakan bahwa matematika bukan pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri tetapi keberadaannya karena untuk membantu manusia dan menguasai permasalahan sosial ekonomi dan alam.
    ilmu metematika itu sendiri menurut pendapat saya adalah ilmu yang mempelajari tentang angka, dimana angka tersebut sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dalam hidup manusia tidak lepas dari perhitungan, misalnya hubungan dagang dan yang lainnya.

    BalasHapus
  7. Saya setuju bahwa Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang ilmu deduktif atau tentang pola pikir, logika (penalaran), maupun hitungan. Karena Ilmu matematika sangat beda sekali dengan ilmu yang lainnya. Didalam ilmu Matematika mempelajari struktur yang abstrak (yata).misalnya belajar konsep dan struktur konsep.dan belajar matematika dapat dikaitkan dengan aktifitas manusi misalnya ekonomi ( keuangan ).ilmu matermatika juga dapat di pelajari dari konsep sederhana sampai yang kompleks/detal.

    BalasHapus
  8. matematik merupakam ilmu yang mempelajari struktur yang abstrak berarti belajar matematika sama sulitnya mempelajari ilmu spiritual,karena ilmu spiritual kan suatu hal yang abstrak juga.

    BalasHapus
  9. Nama : Sinem Arda Indriana
    Nim :292008644
    Kelas: A Term

    Saya setuju dengan pendapat Sri Subariah,bahwa matematika merupakan unsur - unsur yang dibuktikan kebenarannya.karena pada kenyataannya pengerjaan matematika selalu dibuktikan kebenarannya dan tidak ada logika,karena pada dasarnya soal matematika dikerjakan dengan menggunakan rumus.selain itu matematika juga dapat membantu manusia dalam memahami dan menguasai masalah sosial,ekonomi dan alam.karena biasannya soal ekonomi tidak lepas dari soal matematika.Dalam pembelajaran matematika pada awalnya Guru harus menguasai konsep - konsep sederhana dari matematika karena bila pembelajaran awalnya salah,maka seterusnya juga akan salah.

    BalasHapus
  10. Nama : Sinem Arda Indriana
    Nim :292008644
    Kelas:A Term

    Saya setuju dengan pendapat Sri Subariah, bahwa matematika merupakan unsur - unsur yang dibuktikan kebenarannya,karena pada kenyataannya matematika selalu dibuktikan kebenarannya dan tidak ada yang dilogika karena hampir semua soal matematika dikerjakan dengan rumus.Matematika juga dapat membantu manusia dalam memahami dan menguasai masalah sosial, ekonomi dan alam. karena biasanya soal ekonomi tidak lepas dari soal matematika.Dalam pembelajaran matematika pada awalnya guru harus mengetahui konsep - konsep sederhana dari matematika,karena bila konsep awalnya saja salah maka seterusnya juga akan salah.

    BalasHapus
  11. nama: sinem arda i.
    nim :292008644

    saya setuju dengan pendapat sri subariah bahwa matematika merupakan unsur-unsur yang dibuktikan kebenarannya,karena pada kenyataanya matematika selalu dibuktikan kebenaranya dan tidak ada logika karena semua dikerjakan dengan rumus.matematika juga dapat membantu manusia dalam memahami dan menguasai masalah sosial, ekonomi, dan alam,karena biasanya soal ekonomi tidak lepas dari soal matematika.
    pada awalnya guru harus mengetahui konsep-konsep sederhana dari matematika karena bila diawalnya saja salah maka akhirnya pun juga akan salah..

    BalasHapus
  12. Nama:manggaranti
    Nim:292008643
    Kelas:A
    Jika belajar matematika merupakan struktur belajar yang abstrak, berarti belajar matematika sama sulitnya dengan belajar ilmu spiritual. Kan sama-sama sesuatu yang tidak nyata/abstrak.

    BalasHapus
  13. Saya setuju, bahwa
    “Matematika bukan pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi keberadaanya karena untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan social, ekonomi dan alam”.

    Jadi bisa dikatakan “matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak dan pola hubungan yang ada di dalamnya”.

    BalasHapus
  14. Saya setuju, bahwa matematika bukan pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi keberadaanya karena untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan social, ekonomi dan alam.

    Oleh sebab itu, maka, dengan demikian ,matematika perlu diajarkan di sekolah
    Jadi bisa dikatakan “matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak dan pola hubungan yang ada di dalamnya”.

    BalasHapus
  15. matematika memang sangat penting untuk dikuasai oleh guru, untuk dapat diajarkan kepada siswa-siswinya, karena matematika sangat penting dalam menjalani kehidopan bermasyarakat, contohnya; penghitungan untung-rugi dalam kegiatan jual-beli, jumlah bunga, dan masih banyak yang lainya dalam kegiatan kita sehari-hari.

    BalasHapus
  16. matematika memang sangat penting untuk dikuasai oleh guru, untuk dapat diajarkan kepada siswa-siswinya, karena matematika sangat penting dalam menjalani kehidopan bermasyarakat, contohnya; penghitungan untung-rugi dalam kegiatan jual-beli, jumlah bunga, dan masih banyak yang lainya dalam kegiatan kita sehari-hari.

    BalasHapus
  17. matematika memang sangat penting untuk dikuasai oleh guru, untuk dapat diajarkan kepada siswa-siswinya, karena matematika sangat penting dalam menjalani kehidopan bermasyarakat, contohnya; penghitungan untung-rugi dalam kegiatan jual-beli, jumlah bunga, dan masih banyak yang lainya dalam kegiatan kita sehari-hari.

    BalasHapus
  18. Saya sependapat dengan pendapat yang dikemukakan oleh Reys. Matematika bukan pengetahuan tersendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi keberadaanya karena untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan social, ekonomi dan alam. Matematika perlu pembelajaran bukan pengetahuan sendiri, butuh proses untuk mempelajari matematika.Contohnya :
    • Dalam pembelajaran ekonomi, menghitung sebuah kejadian apakah untung, rugi atau tidak untung ataupun rugi keduanya seimbang.
    • Dalam IPA, akan mempelajari tentang bagai mana cara menghitung kecepatan atau menghitung jarak tempuh suatu kendaraan.

    BalasHapus