Rabu, 03 Desember 2008

Pembelajaran Matematika

Pembelajaran matematika di sekolah Dasar (SD) adalah sebagai salah satu unsur masukan instrumental yang dimiliki obyek dasar yang abstrak dan berlandaskan kebenaran konsistensi, dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan. Kebenaran konsistensi dimaksud sebagai suatu kebenaran dari pernyataan tertentu yang didasarkan pada kebenaran terdahulu yang telah diterima (Depdiknas, 1999:3).

18 komentar:

  1. Pembelajaran Matematika
    Saya sangat setuju dengan adanya pembelajaran matematika yang memang harus ditanamkan sejak pendidikan Sekolah Dasar. Hal ini karena matematika selalu berlandaskan suatu kebenaran konsistensi yang didasarkan pada kebenaran terdahulu. Sebagai contoh, luas segitiga adalah ½ a x t dan tidak pernah berubah.
    Keberadaan matematika juga sangat mempengaruhi ilmu yang lain misalnya ilmu sosial, ekonomi, dan alam. Dengan demikian pelajaran matematika sangat perlu diajarkan'



    dibuat oleh
    nama : iwan setiyono
    nim : 292008627
    kelas : A

    BalasHapus
  2. Matematika sangatlah penting diajarkan di SD karena merupakan pelajaran yang utama dan penting. Untuk mengenal angka dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
    Pengajaran matematika sekarang ini haruslah mrnarik dan menggunakan cara-cara yang mudah diikuti okeh siswa. Menggunakan alat peraga bila perlu agar lebih menarik dan siswa tidak bosan.
    Penting juga melakukan pengajaran yang tepat agar siswa tidak terjerumus dalam pembelajaran yang salah.

    BalasHapus
  3. untuk pembelajaran matenatika di SD memang dilakukan dengan metode penerapan dari guru pada siswa,biasanya juga pelajaran matematika bagi siswa menjadi momok yang menakutkan dan perlu dihindari.namun sebagai pendidik haruslah meciptakan pembejaran yang menyenangkan dan tentunya pembelajaran dilakukan dengan bentuk permainan, karena yang diajar itu adalah anak SD yang masih berada pada usia/ dunia bermain. namun tidak dengan penciptaan model pembelajaran yang demikian lalu mengindahkan dari tujuan awalnya.intimya pembelajaran di SD harus dibuat menyenangkan agat siswa tertarik dan berminat untuk terus belajar.

    BalasHapus
  4. pembelajaran matematika di sekolah dasar seharusnya dengan pembelajaran yang kogrit atau nyata sehinga anak lebih mudah untuk memahami pelajaran yang di ajarkan oleh guru dan dapat diterapkan dam kehidupan sehari hari serta pelajarang yang dapat membut siswa senang.yaitu belajar dengan bermain. dan guru juga harus kreatif menciptakan alat alat peraga agar siswa terdorong untuk menyukai pelajaran matematika, pelajaran yang di anggap momok bagi segian sisawa.

    BalasHapus
  5. Saya setuju dengan adanya pembelajaran matematika yang harus ditanamkan sejak pendidikan Sekolah Dasar. Hal ini karena matematika selalu berlandaskan pada suatu kebenaran konsistensi berdasarkan pada kebenaran terdahulu. Sebagai contoh, luas persegi adalah panjang x lebar, ini tidak akan berubah.
    Keberadaan matematika juga sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari karena bisa digunakan atau diterapkan dalam kehidupan. Matematika mempengaruhi ilmu yang lain misalnya ilmu sosial, ekonomi, dan alam. Dengan demikian pelajaran matematika sangat perlu diajarkan sedari dini..Misalnya saja dalam jual beli pastinya memerlukan perhitungan yang secara otomatis berhubungan dengan matematika, kemudian dalam pembuatan sebuah banguan maka diperlukan pengetahuan tentang menghitung bangun sehingga kebutuhan bahanya dapat diperkirakan.

    BalasHapus
  6. pembelajaran matematika di sekolah dasar. seharusnya menggunakan metode pelajaran yang di modefikasi dengan permainan agar anak tidak jenuh dan tidak takut dengan pelajaran sehingga siswa lebih menyukai pelajaran matematika.selain itu untuk meningkatkan kemapuan anak, anak di beri beberapa contoh soal sesuai materinya dan memberi beberapa latian latian soal agar anak lebih mengerti tentang pelajaran yang di ajarkan.

    BalasHapus
  7. memang benar dalam mengajar pendidikan matematika di sd perlu contoh- contoh yang konkret, dan obyektif.agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan dan siswa tidak hanya tahu teorinya saja tetapi siswa juga tahu implikasinya terhadap pendidikan.Selain dengan kebenaran yang konsisten pembelajaran matematika di sd perlu dibuat semenarik mungkin agar siswa tidak merasa bosen dan lebih mudah menerima pelajaran yang disampaikan.Intinya dalam mengajar matematika di sd perlu berlandaskan kebenaran yang konsisten dan dibuat pembelajaran yang menyenangkan agar siswa lebih memahami pelajaran dan sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai.

    BalasHapus
  8. pembelajaran matematika di SD biasanya ditakuti oleh anak.Oleh karena itu,pembelajaran matematika perlu adanya metode-metode yang menyenangkan bagi siswa agar siswa tidak merasa jenuh.Bermain sambil belajar bisa juga diterapkan dalam pembelajaran.Tidak hanya itu saja,peran alat peraga juga sangat membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan.Dalam pembelajaran harus dibuat menyenangkan agar siswa antusias untuk mengikuti pelajaran dan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

    BalasHapus
  9. Saya sangat setuju dengan adanya pembelajaran matematika di SD karena matematika adalah ilmu yang berlandaskan kebenaran konsistensi, maksudnya kebenaran pernyataan didasarkan kebenaran terdahulu, sebagai contoh : 1 + 1 = 2 dan selain itu metematika juga berpengaruh terhadap ilmu-ilmu yang lain contohnya sosial ekonomi ataupun alam.
    Contoh matematika yang digunakan dalam bidang sosial adalah dalam perhitungan cacah jiwa atau sensus penduduk, pembagian biaya kompensasi BBM pada masyarakat miskin dll. Pada bidang ekomomi misalnya dalam perhitungan saat terjadi proses jual beli dan perhitungan akuntansi. Dan sebagainya.

    BalasHapus
  10. Saya sangat setuju dengan adanya pembelajaran matematika di SD karena matematika adalah ilmu yang berlandaskan kebenaran konsistensi, maksudnya kebenaran pernyataan didasarkan kebenaran terdahulu, sebagai contoh : 1 + 1 = 2 dan selain itu metematika juga berpengaruh terhadap ilmu-ilmu yang lain contohnya sosial ekonomi ataupun alam.

    BalasHapus
  11. saya setuju dengan pembelajaran matematika di SD. karena pembelajaran matematika itu sangat penting, pembelajaran matematika itu sebagai salah satu unsur dasar yang abstrak dan berlandaskan konsistensi.
    pembelajaran matematika itu sendiri didasarkan pada kebenaran terdahulu yang telah diterima maksudnya pembelajaran matematika itu terdahulu sampai sekarang sama. contohnya dari dahulu sampai sekarang 5 + 5 = 10 tak mungkin berubah.

    BalasHapus
  12. Di SD pembelajaran matematika sangat penting,karena merupakan fondasi dalam kehidupan, dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan. matematkia mempunyai unsur yg sangat universal dalam memahaminya. anak didik di sekolah dasar umumnya harus di beri pembelajaran matematika yg efisien agar murid dapat mengerti pelajaran yang diajarkan oleh guru tsb.manajemen kelas sangat perlu dalam pengelolaan kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran.kemajuan dibidang teknologi membantu proses belajar mengajar matematika khusnya. oleh: Henry 292008652 PGSD S1

    BalasHapus
  13. apa bila konsistensi matematika diperoleh dari kebenaran terdahulu maka konsistensi itu suatu hal yang kurang pasti karena tidak diketahui secara pasti siapa penemunya,darimana asalnya dan pada tahun berapa.

    BalasHapus
  14. Nama:Manggaranti
    Nim:292008643
    Kelas:A
    Jika konsistensi matematika merupakan kebenaran terdahulu berarti belum seratus persen terbukti kebenarannya,tetapi sampai sekarang menjadi sangat penting behkan terpenting.

    BalasHapus
  15. saya setu dengan pembelajaran matematika diSD adalah sebagai salah satu unsur masukan instrumental yang dimiliki obyek dasar yang abstrak dan berlandaskan kebenaran konsistensi, dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan.

    karena pembelajaran matematika sangat berguna, oleh sebab itu harus diperkenalkan sejak dini.
    "matematika memiliki peran penting dalam kehidupan".

    BalasHapus
  16. saya setuju, karena pembelajaran matematika di SD perlu dicanangkan untuk pengembangan diri mereka dengan memberikan contoh-contoh konkrit dan dengan alat-alat peraga yang menarik bagi anak sehingga mereka mudah untuk menerima dan mengingat materi yang diajarkan. karena jika mengajar matematika pada anak SD hanya dengan teory-teory saja mereka tidak akan mengerti karena pola pikir anak SD masih rendah utuk menangkap atau mengingat kalimat yang panjang dan rumit.

    BalasHapus
  17. pembelajaran matematika memenang merupakan ilmu pasti, yang dapat menemukan hasil yang pasti pula. jadi kekonsistenanya memang satu kelebihan dari pelajaran ini, dibandingkan dengan pelajaran lain. dan hal ini banyak dilakukan dalam kehidupan atau kegiatan sehari-hari.

    BalasHapus
  18. pembelajaran matematika memenang merupakan ilmu pasti, yang dapat menemukan hasil yang pasti pula. jadi kekonsistenanya memang satu kelebihan dari pelajaran ini, dibandingkan dengan pelajaran lain. dan hal ini banyak dilakukan dalam kehidupan atau kegiatan sehari-hari.

    BalasHapus